Sabtu, 26 Januari 2013

Peraturan ya.. Hanya untuk Dilanggar Saja


Kata-kata diatas sangatlah sesuai dengan kenyataan yang ada di masyarakat. Mengapa tidak? Hal ini dapat dibuktikan, jika kita ingin memastikannya dan peduli terhadap lingkungan di sekitar kita.
Gambar diatas saya dapatkan sendiri karena pengalaman saya. Awalnya dari hari kehari di tempat itu memang penuh sesak oleh parkirkan sepeda motor dan karena saya tidak pernah berhenti disana jadi saya tidak tahu ada papan larangan itu. Suatu ketika saya hendak ikut juga parkir dan saya tak sengaja melihat papan larangan parkir bagi pengguna sepeda beroda dua. Dan alhasil saya juga bingung hendak parkir dimana sekarang karena saat itu didekat saya memang tak ada sepeda motor yang parkir. Setelah saya telaah dan saya lihat langsung beberapa jam kemudian ternyata lahan parkir tadi penuh dengan deretan sepeda motor. Ternyata, tadi tidak ada sepeda motor yang parkir bukannya karena larangan itu baru dipasang tetapi karena saya sudah lebih dahulu sampai dan di waktu pagi-pagi buta.

Alhasil saya mendapatkan pelajaran darisana jadi bukannya saya yang tidak memperhatikan tetapi pengguna sepeda motor sendiri yang dengan senang hati memarkirkan sepeda motornya. Sebenarnya siapa yang harusnya disalahkan disini? Apakah peraturan? Atau penjaga keamanan? Atau petugas parkir? Atau pemerintah ? menurut sudut pandang saya ini dikarenakan sikap masyarakat yang kurang memperhatikan norma-norma yang ada disekitarnya. Mereka hanyalah menggunakan fasilitas yang ada tanpa melihat apakah itu boleh dipergunakan atau itu tidak diperbolehkan. Disini sangatlah perlu kesadaran dari masing-masing individu karena jika kita menyalahkan pemerintah atau pun dinas pendidikan yang tidak becus dalam mengajarkan sikap budi pekerti ataupun pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang intinya mengajarkan kita untuk mematuhi peraturan yang ada, hal itu salah. Karena semua hal itu sudah diajarkan sedari kita kecil, yang salah disini adalah kita sebagai manusia yang belum sadar dan belum bisa mengamalkan ataupun mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat. Walau kita tahu jika kita melanggar tidak parkir di tempat yang tidak tepat itu tidak mendapatkan ganjaran yang terlalu besar, jadi pribadi kita tak merasa ‘kapok’ atau jera melakukan hal tersebut.
Untuk itu marilah kita semua sebagai masyarakat ataupun aktivis mahasiswa harusnya bisa melihat kejadian-kejadian di sekitar kita walaupun kejadian itu masih dalam skala kecil, tapi hendaknya dari hal kecillah kita bisa melakukan pembaharuan yang besar dan berguna bagi kita semua.

sssttt, this is just my opinion
J thanks for your attention and be a wise citizen !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar