Sabtu, 03 November 2012

Mendeskripsikan Unsur Kebudayaan dari Sistem Pengetahuan hingga Kesenian


1.      Sistem Pengetahuan.
Sistem pengetahuan sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita. Ide dari unsur kebudayaan ini yaitu ingin meningkatkan potensi dari peserta didik. Untuk itu maka aktivitas sosialnya adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan materi yang dipelajarinya di depan kelas. Maka benda fisik dari contoh ini, yaitu adanya sistem kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dimana sekolah masing-masing berhak atas otonominya masing-masing.

2.      Sistem Organisasi Sosial
Sistem organisasi sosial ini sebenarnya sudah ada sejak hidup menetap, karena dengan menetap itu, dibuatlah struktur. Ide dalam unsur kebudayaan ini adalah ingin menjadi makhluk sosial dan ingin mengenal satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, aktivitas sosialnya adalah dengan ikut dalam organisasi kemahasiswaan di kampus dan aktif menjadi anggota truna-truni di banjar masing-masing. Benda fisiknya adalah terbentuknya sekaa truna-truni di masing-masing banjar dan terbentuknya organisasi mahasiswa seperti KMHD, BEM, MPM, dsb.

3.      Sistem Mata Pencaharian
Mata pencaharian ini terpacu pada bagaimana cara kita untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ide dari unsur ini adalah ingin mensejahterakan keluarga. Dengan melakukan aktivitas bekerja mencari nafkah. Maka benda fisik yang timbul adalah berdirinya pabrik dan perusahaan.

4.      Sistem Teknologi
Pada sistem ini, idenya yaitu ingin mempermudah mahasiswa atau siswa dalam pembuatan tugas yang diberikan oleh pengajar. Dengan aktivitas sosialnya yaitu mencari informasi melalui internet. Maka benda fisik yang terwujud adalah adanya laptop, yaitu suatu alat atau sarana yang mempermudah kerja kita dengan bentuknya seperti computer yang dapat dibawa kemana-mana.

5.      Bahasa
Bahasa adalah cermin kehidupan atau kepribadian bangsa. Ide dari unsur kebudayaan ini adalah ingin membuat suatu kisah. Ide ini dapat terwujud dengan aktivitas sosialnya, yaitu menulis. Maka dari itu, terbentuklah benda fisik, yaitu novel, cerpen, dll.

6.      Kesenian
Kesenian daerah yang dimiliki oleh Indonesia berbagai macam. Untuk itu, ide dari unsur kebudayaan ini adalah ingin melestarikan kebudayaan bangsa. Ini dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik berupa mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) pada bidang kesenian daerah. Maka benda fisik dari unsure ini berupa gamelan dan alat musik daerah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar