Senin, 02 Juli 2012

Euforia EURO 2012, Spanyol kembali menjadi juara




Bagi pecinta bola, piala eropa tidak hanya di kalangan Eropa tetapi sampai berdengung ke ranah Indonesia. Buktinya dapat kita lihat, banyaknya bendera eropa yang berkibar di sisi-sisi jalan raya. mereka semua sangat antusias dengan EURO 2012.
akhirnya final EURO 2 Juli 2012 dini hari pagi berhasil dimenangkan oleh Spanyol 4-0 Italia. Ini merupakan kemenangan berturut-turut bagi Spanyol sebagai pemenang piala eropa. Dan Spanyol pun menorehkan sejarah, karena baru kali ini ada negara yang berhasil mempertahankan gelar juara dalam ajang piala Eropa.
keempat gol tersebut adalah buah manis dari :
David Silva (menit '14), Jordi Alba (’41), Fernando Torres (’84), Juan Mata (’88)

inilah gambaran final eropa yang dikutip dari bisnis.com
Babak I Menit 6
Tendangan bebas Sergio Ramos melebar

Menit 7
Sundulan Sergio Ramos melenceng di atas mistar gawang  Buffon


Menit 10
Tendangan Xavi Hernández ke gawang Italia berhasil diblok Pirlo. Iniesta mencoba menendang  bola ke gawang Buffon, tetapi diblok Chiellini.

Menit 14
David Silva mencentak gol pertama Spanyol. Intersepsi Cesc Fàbregas ke kiri pertahanan Italia berhasil hingga ke sisi kiri gawang Italia. Buffon terkecoh karena mengira Fàbregas akan menyontek bola ke gawang. Ternyata bola dioper melambung ke Silva dan disundul masuk ke gawang. Skor 1-0 untuk Spanyol

Menit 16
Tendangan bebas Pirlo ke gawang Spanyol diblok Busquets.

Menit 18
Tendangan Barzagli ke gawang Casillas dibendung Sergio Ramos

Menit 21
Italia melakukan pergantian pemain. Chiellini keluar digantikan Balzaretti

Menit 25
Piqué melakukan pelanggaran terhadap Cassano dan wasit Pedro Proença asal Portugal mengganjarnya dengan kartu merah

Menit 38
Mario Balotelli mengecoh Sergio Busquets dan melakukan tendangan keras ke gawang Spanyol. Sayangnya, tendangan striker Manchester City itu melambung di atas mistar gawang.

Menit 41
Jordi Alba menjebol gawang Italia sehingga kedudukan menjadi 2-0 untuk Spanyol. Ini merupakan gol Alba pertama di tim senior. Menerima umpan terobosan dari Xavi Hernández, Alba langsung melakukan solo run di sisi kanan pertahanan Buffon. Tendangan menyisir tanah Alba gagal diselamatkan Buffon.


Menit 45+1
Tendangan David Silva diselamatkann oleh Buffon


Babak II Menit 46
Pertandingan baru berjalan 1 menit, Italia menarik keluar Cassano digantikan oleh Di Natale

Menit 47
Tendangan Fàbregas melebar ke gawang Buffon

Menit 51
Tendangan Di Natale berhasil diselamatkan Casillas.

Menit 57
Italia melakukan pergantian pemain ke-3, sehingga seluruh jatah pergantian pemain sudah diambil. Thiago Motta masuk menggantikan Montolivo

Menit 58-59
Tendangan Balotelli meleset. Saat bola mati dimanfaatkan Spanyol untuk melakukan pergantian pemain. David Silva ditarik digantikan Pedro Rodríguez


Menit 61
Baru merumput 4 menit, Thiago Motta ditarik keluar karena mengalami cidera. Italia terpaksa harus bermain dengan 10 orang, karena sudah mengambil seluruh jatah maksimal 3 kali pergantian pemain.

Menit 75
Defisit 1 pemain Italia itu dimanfaatkan Spanyol untuk melakukan pergantian pemain kedua dengan memasukkan Fernando Torres dan menarik keluar Fàbregas

Menit 84
Torres mencetak gol ketiga untuk Spanyol, sehingga kedudukan menjadi 3-0. Menerima umpan terobosan, striker Chelsea itu  melakukan solo run dan menggiring bola ke arah kiri Buffon. Torres menyontek bola ke arah kiri Buffon dan bola tak terbendung masuk ke gawang Italia.


Menit 87
Spanyol mengambil jatah terakhir pergantian pemain dengan memasukkan Juan Mata menggantikan Iniesta.

Menit 88
Mata mencetak gol ke-4 Spanyol, sehingga kedudukan berubah menjadi 4-0. Berawal dari aksi solo run Torres setelah menerima umpan terobosan. Tores menggiring bola ke sisi kanan Buffon, tetapi kemudian diiumpan ke Mata yang berdiri di sisi kanannya berhadapan langsung dengan gawang. Buffon terkecoh, dan Mata melesakkan bola ke gawang Italia.


Menit 90+3
Buffon menangkap bola sontekan Sergio Ramos ke sisi penjaga gawang Italia itu. Ramos mendapatkan pelauang itu setelah menerima umpan terobosan dari Torres. Selang beberapa menit setelah itu, wasit meniup panjang peluit tanda berakhirnya pertandingan dengan kedudukan 4-0 untuk kemenangan Spanyol. (sut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar